Mengungkap Arti Di balik Kata “HORAS”

Jika bertemu sesama orang Batak, kata pertama yang diucapkan adalah “HORAS“. Sekilas, orang hanya tahu “HORAS“ itu adalah sapaan atau salam saja. Namun tidaklah demikian sebenarnya. “HORAS“ itu adalah suatu terminologi yang di dalamnya termuat falsafah hidup orang Batak. Dan falsafah ini harus dibawa orang Batak kemanapun ia pergi sampai keujung DUNIA.

Apa itu “HORAS“. “HORAS“ “HORAS” adalah suatu singkatan dari
H. -> Holong masihaholongan = kasih mengasihi
O. -> On do sada dalan nadumenggan = inilah jalan yang terbaik
R. -> Rap tu dolok rap tu toruan = seia sekata
A. -> Asa Taruli pasu-pasu = supaya kita diberkati
S. -> Saleleng di hangoluan=selama kita hidup.

Jadi kata “HORAS“ itu adalah suatu cita-cita atau harapan yang menggambarkan bahwa setiap orang Batak harus hidup saling mengasihi, menghormati, karena inilah jalan yang terbaik dan diwujudkan dengan seia sekata supaya kita mendapat baroqah selama hidup kita. Demikian secara singkat ini dimaknai.


Horas Majuah-juah!


Mengungkap Arti Dibalik Kata Horas

“HORAS“ diucapkan pada saat berjumpa maupun saat akan berpisah. “HORAS“ juga digunakan sebagai salam pembuka dan penutup dalam setiap acara Batak.

Jika seseorang mengucapkan salam “HORAS” kepada anda sahutlah dengan mengucapkan “HORAS” juga. Ini akan membantu menciptakan suasana yang bersahabat dan bersemangat.

Karena artinya yang sangat indah dan penuh makna itulah maka banyak orang *Batak dahulu menamai anaknya dengan nama “HORAS”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *